Selasa, 04 September 2012

Abul Futuh


Jika ada politisi yang paling ditakuti oleh Ikhwanul Muslimin beberapa bulan terakhir, mungkin Abdul Mun'im Abul Futuh-lah orangnya. 36 tahun berjuang di Ikhwan (sejak menjadi Ketua Dewan Mahasiswa di Universitas Kairo), di Pemilu 2012 ini ia dengan berani menantang mantan koleganya di Ikhwan, Mohammed Morsy, sebagai Calon Presiden Mesir.

Ikhwan mungkin tidak takut dengan SCAF - Dewan Tinggi Militer yang selama ini memegang komando atas Mesir. Hussein Tantawi, Komandan SCAF, dipecat dengan gagah berani oleh Morsy. Ikhwan mungkin juga tidak takut menghadapi kaum revolusioner yang tiap hari, tak bosan-bosannya, berdemonstrasi di depan markas Ikhwan di Attamiya, Kairo. Tapi, dengan para 'mantan' anggotanya, Ikhwan seperti siaga.

Tak kurang dari Mahmoud Ghozlan, juru bicara IM, yang harus turun setiap hari ke kader-kadernya di 'bawah' untuk memperingatkan: barang siapa mendukung Abul Futuh waktu Pilpres, harus siap dikeluarkan dari Jamaah! Sobhi Saleh, seorang tokoh senior Ikhwan, berbicara kepada Ahram dengan nada tinggi: tidak etis bagi seorang Ikhwah untuk menyatakan pemikirannya pribadi di atas kepentingan jamaah! (menunjuk ke Abul Futuh).

Ikhwan rupanya tak main-main dengan hal ini. Abul Futuh seakan menjadi representasi dari kubu Ikhwan yang kritis. Semua 'mantan' Ikhwan berkumpul mendukungnya. Abul A'la Al-Madi, Issam Sultan, dan Salah Abdul Karim, tiga tokoh Ikhwan yang keluar setelah insiden Partai Wasat tahun 1996, berada di garis terdepan untuk mendukung Abul Futuh. Menyusul generasi muda 6 April yang juga menerima konsekuensi pahit dikeluarkan dari jamaah: Muhammad Al-Qassas, Islam Lotfy, dan Asmaa Mahfouz. Lalu 'geng Alexandria': Haytham Abul Khalil, Ibrahim Al-Za'afarany, dan Mohammad Habib. Semuanya sudah keluar dari Ikhwan.

Yusuf Al-Qaradhawy pun sampai menyatakan dukungannya: lebih cocok Abul Futuh yang jadi presiden, dan Morsy adalah wakilnya. Beruntung tidak ada yang berani menggugat Al-Qaradhawy, karena ia tidak tinggal di Mesir.

Siapakah Abul Futuh?

Beberapa penelitian terdahulu tentang Ikhwan menyebutnya sebagai 'pemimpin masa depan Ikhwan'. Carrie Rosefsky Wickham (2002) sampai menyebutnya sebagai kandidat terkuat pengganti Musthafa Mashhur setelah Murshid 'Am Ikhwan kelima ini meninggal dunia (kendati akhirnya beliau digantikan oleh Ma'mun Hudhaiby, putera kedua Hasan Al-Hudhaiby). Ia adalah generasi Ikhwan yang masuk pada era 'moderasi', ketika Ikhwan dipimpin oleh Umar At-Tilmisany.

Abul Futuh sudah menunjukkan kegemilangannya sebagai aktivis mahasiswa ketika ia menjadi Ketua Dewan Mahasiswa Universitas Kairo. Ia berasal dari Fakultas Kedokteran, satu angkatan dan satu fakultas dengan Issam Al-Erian yang waktu itu menjadi Ketua Jamaah Mahasiswa Muslim Kedokteran di Universitas tersebut. Keduanya kemudian sering disebut sebagai duet pimpinan generasi muda Ikhwan, dan masuk ke Ikhwan bersamaan.

Namun, di kemudian hari, keduanya berpisah jalan: Abul Futuh keluar dari Ikhwan dan mencalonkan diri sebagai Presiden, sementara Al-Erian sukses dengan karier politiknya sebagai Wakil Presiden FJP -Partai Ikhwan- dan menjadi kandidat terkuat untuk menggantikan Morsy sebagai Presiden FJP.

Abul Futuh sempat mengejutkan publik ketika ia dengan berani mendebat Presiden Anwar Sadat di sebuah forum atas kebijakan politiknya pada tahun 1975. Sejak saat itu, namanya melejit. Umar Al-Tilmisani kemudian merekrutnya sebagai anggota Ikhwan, konon atas bantuan Syeikh Abbas As-Siisi, da'i kondang Ikhwan.

Abul Futuh kemudian disebut-sebut sebagai bagian penting dari generasi muda Ikhwan. Ia menjadi Sekjen Perhimpunan Para Doktor dan kini masih menjabat sebagai Sekjen Asosiasi Dokter Arab.

Selain Al-Erian, ada nama-nama seperti Ibrahim Al-Za'afarani dari Minya, Haitham Abu Khalil dari Alexandria, Issam Sultan, Salah Abdul Karim, Khaled Dawoud, atau Mohammad Habib. Nama terakhir pernah menjadi orang nomor dua Ikhwan (Wakil Pemimpin Tertinggi) pada era Mehdi Aklif (2004-2009). Mereka kini mengikuti jejak Abul Futuh: konflik dengan 'kubu tua' dan dikeluarkan. Di kubu sebelah kanan yang masih sukses di Ikhwan, selain Al-Erian, ada nama Hamid Al-Gazzar, Ketua Perhimpunan Insinyur.

Generasi Muda yang tampil belakangan lain lagi: Ada Asmaa Mahfouz dan Islam Lotfy yang memprakarsai gerakan pemuda 6 April pada tahun 2008 untuk mendukung pemogokan buruh di Al-Mahallah Al-Kubra. Beberapa tokoh lain adalah Ayman Nour dan Ahmad Maher. Gerakan 6 April merupakan penentangan generasi muda pertama yang diorganisir sebelum Mubarak jatuh. Dua tahun kemudian, gerakan ini membesar dan menggagas Gerakan 25 Januari. Mubarak benar-benar tumbang. Dan semua Mesir berterima kasih kepada para pemuda!

Sayang, tokoh-tokoh muda Ikhwan ini terlalu jauh bermanuver. Mereka mendorong gerakan serupa melalui Revolution Youth Council dan berencana membentuk partai baru. Sayangnya gerakan mereka tak didukung oleh elite-elite Ikhwan, dan opsinya hanya dua: tetap di Ikhwan atau meneruskan di luar. Mereka memilih opsi yang kedua.

Kembali ke Abul Futuh. Abul Futuh memang dikenal cerdas. Ia mampu berbicara bersama faksi-faksi politik yang berseteru di era Mubarak dan dikenal sebagai salah satu intelektual paling progresif di Ikhwan -bersama Al-Erian. Ketika Mubarak akan jatuh di awal tahun 2011, ia masih sempat menulis di The Washington Post, mengampanyekan stand position Ikhwan pada masyarakat internasional, menyatakan bahwa Ikhwan bukan ancaman bagi demokratisasi Mesir. Koleganya, Al-Erian, menulis hal yang sama di New York Times.

Akan tetapi, aksi progresif Abul Futuh tetap saja menemui batasnya. Ia dihalangi bukan oleh lawan-lawan politiknya, melainkan oleh rekan-rekannya sendiri di Ikhwan: kubu konservatif dan pengusaha.

Ikhwan adalah organisasi yang sangat mengandalkan pengorganisasian, mobilisasi, dan ikatan-ikatan yang cukup kental dengan nuansa militeris. Ketidaksetujuan atas Keputusan Syura adalah sesuatu yang terlarang. Konsekuensinya cukup tegas: dikeluarkan dari jamaah. Dengan basis pengorganisian ini, Ikhwan mampu menjadi organisasi yang bisa memobilisasi massanya dalam waktu singkat, dan mampu membentuk kader-kader militan. Wajar jika FJP dapat dengan mudah memenangi Pemilu dengan suara hampir 50%.

Tetapi rupanya hal ini bukan tempat yang nyaman bagi seorang intelektual progresif seperti Abul Futuh. Pertengahan tahun 2011, ketika Ikhwan menyatakan tidak akan mencalonkan presiden dalam Pemilu, Abul Futuh melakukan manuver: ia menyatakan siap dicalonkan sebagai presiden. Statement ini jelas membuat elite-elite Ikhwan berang. Muncullah konflik di tubuh jamaah ini. Mahmoud Ghozlan, juru bicara Ikhwan, akhirnya menyatakan keputusan "Jamaah" beberapa hari kemudian: Abul Futuh dipecat.

Beberapa pihak mengaitkan hal ini dengan konflik internal Abul Futuh dengan Khairat Al-Shater, orang kuat di Ikhwan yang selama ini menjadi tokoh di balik kepemimpinan Mohammad Badie' sejak 2009. Al-Shater adalah representasi pengusaha sukses Ikhwan, penyumbang dana terbesar dengan Grup Juhainah yang dikemudikannya. Abul Futuh dan Al-Shater pernah satu penjara di dekade 1990an, dan cukup dekat dengan kubu "generasi tua" seperti Akif dan Badie'.

Ada yang menyebutkan bahwa pemecatan Abul Futuh disebabkan oleh sikap kritisnya terhadap generasi tua. Abul Futuh sudah lama terlibat perdebatan dengan faksi Qutbism Ikhwan, kata seorang blogger Mesir. Dan Al-Shater masih berada di lingkaran faksi tersebut. (catatan: Muhammad Badie' disebut-sebut sebagai bagian terkuat dari faksi itu, meski tidak kebenarannya belum bisa terkonfirmasi). Akhirnya, kedua tokoh kuat ini, Al-Shater serta Abul Futuh, berpisah jalan.

Keputusan ini membuat ramai media Mesir, terutama generasi muda. Beberapa tokoh muda Ikhwan, juga menyatakan keluar dan membentuk partai baru: Al-Tayar Al-Islamy. Ibrahim Al-Za'afarany dan Mohammad Habib mendirikan Partai An-Nahdha. Al-Madi, Abdul Karim, dan Sultan sudah lebih dulu mendirikan Al-Wasat. Lalu Dawoud mendirikan Al-Riyada, dan terakhir, Hamed Al-Dafrawi, mendirikan partai lain.

Sayangnya, partai-partai "sempalan" ini tak mendapat suara signifikan ketika Pemilu 2011-2012 lalu. Hanya Al-Wasat yang cukup perkasa, berada di urutan kelima. FJP tak terbendung dengan 47,2% suara.

Akan tetapi, ketika Abul Futuh benar-benar maju dalam Pemilihan, suara-suara kritis ini tiba-tiba terkonsolidasi. Mereka merebut basis-basis suara Ikhwan di Minya, Ismailiyah, dan Bani Suef, berhasil menempati posisi keempat. Suara Morsy yang didukung penuh Ikhwan merosot tajam: hanya mendapatkan 5 juta suara, selisih 1 persen saja dengan Ahmed Shafiq yang tiba-tiba melejit. Ikhwan kalah total di daerah-daerah perkotaan seperti Kairo, Alexandria, dan Port Said. Mereka takluk di tangan Hamdeen Sabbahi, seorang Nasserist yang populer di kalangan pejuang revolusi.

Meski demikian, Abul Futuh tetap gagal dalam menantang Morsy di putaran kedua. Alasannya, menurut saya, cukup sederhana: ketidakseriusan kubu Salafi mendukung Abul Futuh. Abul Futuh hanya sukses memukul Ikhwan di kantong-kantong suaranya. Di kalangan generasi muda perkotaan, ia kalah populer dibanding Sabbahi (Morsy hanya mendapat posisi keempat di sini). Abul Futuh hanya memenangi pemilihan di Damietta dan memperoleh urutan kedua di Giza dan Alexandria. Di daerah yang lain, ia tenggelam di antara pertarungan antara Sabbahi, Shafiq, dan Morsy.

Akan tetapi, bagi Morsy, hasil pemilihan presiden di putaran pertama menjadi pukulan telak. Afeef Al-Sadawy menggarisbawahi anjloknya suara Ikhwan, terutama di basis-basis suara Ikhwan (Alexandria, Port Said, Giza, Luxor, dll). Mehdi Akif, mantan Mursyid 'Am, menyatakan bahwa ada penurunan suara cukup tajam dalam hal ini. Hampir saja, Morsy dikalahkan oleh seorang Ahmed Shafiq, figur representasi rezim lama, yang cukup lama merepresi Ikhwan.

Beruntung, di putaran kedua Ikhwan menghadapi Shafiq. Alhasil, semua kubu oposisi rezim lama merapat ke Morsy. Hasilnya, kemenangan tipis 51,8% yang menandai masa baru Ikhwan dalam pentas kepresidenan: Morsy sebagai Presiden baru Mesir.

Sadar atau tidak, catatan-catatan selama Pemilu tersebut mengisyaratkan hegemoni yang rapuh. Dengan strategi Ikhwan sekarang yang sedang membangun hegemoni, popularitas menjadi sesuatu yang penting. Dan dengan citra Ikhwan selama ini, dengan demonstrasi-demonstrasi yang sedang ramai dilakukan, bukan tidak mungkin Ikhwan akan menjadi 'musuh publik nomor dua': setelah militer. Wacana "Ikhwanisasi" sedang ramai beredar di kalangan massa yang berdemonstrasi.

Untunglah, Ikhwan masih bisa bersyukur dengan kegarangan yang ditampakkan oleh Morsy pada militer dan Syria di Forum Gerakan Non-Blok, membuatnya masih dipuji oleh pendukung revolusi dan kaum Islamis lain, Selama performa kepresidenan Morsy masih 'garang' seperti ini, Ikhwan mungkin masih akan tetap bernafas panjang.

Akan tetapi, perlu dicatat: oligarki di tubuh organisasi Ikhwan menjadi sesuatu yang sangat penting untuk diperhatikan. Mungkin saja, jika oligarki itu masih tetap bertahan dan konflik dengan suara kritis masih terjadi, masa depan Ikhwan berada dalam pertaruhan.

Dan Abul Futuh-lah yang membuktikannya.

72 komentar:

Anonim mengatakan...

top [url=http://www.001casino.com/]casino games [/url]check the latest [url=http://www.realcazinoz.com/]casino games[/url] unshackled no consign bonus at the best [url=http://www.baywatchcasino.com/]online casinos
[/url].

Anonim mengatakan...

We victual all kinds of excessive property s that go about a find in a difference of styles,[url=http://www.dresswomen.net]prom dresses[/url]
[url=http://www.dresswomen.net]affordable wedding dresses[/url]
[url=http://www.sexydress4prom.com]cheap prom dresses[/url]
[url=http://www.weddingideas4u.com]discount wedding dresses[/url]
[url=http://www.weddinghow.net]cheap wedding dresses[/url]
colors and sizes at wholesale price.All are second-rate with clothes-horse styles associating apparels including originator coalescence dress, seaside association dresses, bridal gowns, bridesmaids dresses, prom outfits, bloom girl dresses & shelter dresses.Even we can accommodate the services of loose vastness customization and manumitted extra gauge Shop affordable amazing compound dresses now!satisfaction in horn-mad shopping, put on one's sunday best clothes perfectly exchange for the notable wedding with the help of G-marry bridal.


http://www.dresswomen.net

Anonim mengatakan...

We have donned Canada goose along Jacket representing noticeably some inducement in every pulling the winter fully fledged, and I like them. At times, my old-age pensioners Canada goose soundless curb effectively, but I suspect they are a midget smidgen false of fashion. So I am take to subsist another firsthand magnanimous of Canada goose along hat in attend to myself. My noachian the earliest is a gloomy Canada goose hat, and devoid of the seal headgear. And this status I am fro to acquisition bargain a bule Canada goose hat using the fraternity headgear, to hand out my inventiveness tart throughout the winter season.And So I neutral now got a novel North america goose jumper within the North america goose spider's network present, beats sooty Friday saleand I was hoping to purchase them. That i’m really gravamen after i reached it, it is so charming, uncommonly the colour. This azure jumper only isn’t like other delineate’s azure dye a lessen, it’s larger and chic. While I endure it my fright, I felt slapdash and satisfied this North america goose kacket ‘s what I in peninsula of particulars want. And I Also honorarium it representing my matriarch, and he or she adores it as glowingly, so I commend her tidiness a magnificent after all is said North america goose jumper as me. Again, she inquired on every side every hour all but when her North america goose is showed up. I get creditable she must in reality intrinsic to them.

http://www.robynehemingway.com/deciding-upon-hermes-reproduction-purses-for-family/
http://freetogoodhome.ie/ads/hermes-kelly-reproduction-handbag-extremely-popular/
http://www.freepostingwebsites.com/ads/low-priced-lv-bags-bringing-you-psychic-issues-along-with-a-fantastic-daily-life/
http://ufinditonline.com/prada-bags-advantages-of-traditional-goods-in-excess-of-imitation-types/
http://traodoi.info/rao-vat/can-thue-identical-open-a-doorway-that-you-can-possess-a-extravagance-piece-id333
http://your-health-articles.com/article.php?id=96066
http://www.aussiereference.com.au/article.php?id=41679
http://ongkinhviet.com/wp/prada-sun-glasses-absolutely-essential-have-in-the-closet/
http://freeonlineclassified.org/how-to-recognize-the-replica-gucci-wallets/
http://game.emptycrate.com/node/721
http://www.confusedgay.com/classy-and-trendy-louis-vuitton-damier-canvas-bergamo-bag-gm-n41169/
http://dev.anotimpul5.ro/kyle22/2012/11/26/the-undisputed-and-economical-lv-purses-and-handbags/
http://jakesblurb.com/louis-vuitton-lockit-horizontal-bag-my-favorite-large-bag/
http://24spravy.sk/article.php?id=27738
http://handbags110.esporteblog.com.br/151855/Lv-Swift-Dice-Bag-Black-color-Stunner/
http://dshoppingcenter.com/a-gucci-handbag-for-every-season/
http://174.132.79.187/~sgzou/?q=node/14837
http://www.arpaclassifieds.com/opt-for-a-proper-measurements-lv-shoes-and-boots/8628
http://www.jobsaar.com/article.php?id=57037
http://physisfilms.com/OGC/drupal/node/58355
http://www.darkseplep.com/Drupal/?q=node/21071
http://en.netlog.com/jason326489/blog/blogid=14488142
http://www.aussiereference.com.au/article.php?id=41853
http://64arts4sleep.wall.fm/blogs/post/599
http://www.esportsource.com/general/exclusive-lv-necklaces.html

Anonim mengatakan...

buy tramadol tramadol 50mg 93 - tramadol 50 mg picture

Anonim mengatakan...

buy xanax bars online no prescription alprazolam 0.5 mg high - xanax drug depression

Anonim mengatakan...

buy tramadol online what is the addiction risk associated with tramadol - tramadol for dogs liver

Anonim mengatakan...

alprazolam online cheap xanax from mexico - xanax overdose in cats

Anonim mengatakan...

xanax online xanax drug - xanax and alcohol vomiting

Anonim mengatakan...

buy tramadol online tramadol 50 mg kapseln - is tramadol hcl make you high

Anonim mengatakan...

buy tramadol online buy tramadol online cod overnight - buy tramadol overnight saturday delivery

Anonim mengatakan...

buy tramadol online tramadol for dogs can people take it - buy tramadol online in florida

Anonim mengatakan...

order tramadol online buy tramadol online free shipping - tramadol hcl obat

Anonim mengatakan...

buy tramadol online tramadol online reviews - tramadol 180

Anonim mengatakan...

tramadol 50mg tramadol hcl addiction - tramadol 50 mg medication

Anonim mengatakan...

buy generic tramadol online tramadol 50 mg ultram - buy tramadol usa online

Anonim mengatakan...

buy generic tramadol online tramadol 50 mg dosage - tramadol hcl extended release

Anonim mengatakan...

alprazolam 0.5mg amount for xanax overdose - xanax generic xanax

Anonim mengatakan...

buy tramadol online high on tramadol 50mg - cheap tramadol online usa

Anonim mengatakan...

buy tramadol online online pharmacy tramadol overnight - tramadol hcl for dogs side effects

Anonim mengatakan...

xanax no prescription xanax side effects hiccups - xanax xanax cheap pharmacy online

Anonim mengatakan...

xanax online xanax side effects 0.25 - xanax 2mg oval

Anonim mengatakan...

buy carisoprodol cheap somacid 350 mg carisoprodol - carisoprodol information

Anonim mengatakan...

buy tramadol saturday delivery how to buy tramadol online - tramadol hcl for dogs dosage

Anonim mengatakan...

buy tramadol online physical addiction tramadol - buy tramadol online in usa

Anonim mengatakan...

carisoprodol 350mg soma carisoprodol tablets 250 - carisoprodol 350 mg street price

Anonim mengatakan...

generic xanax order xanax online from canada - xanax dosage 120 lbs

Anonim mengatakan...

buy tramadol online cheaptramadolonline - tramadol hcl er 200 mg side effects

Anonim mengatakan...

carisoprodol drug carisoprodol no prescription needed - what is carisoprodol dosage

Anonim mengatakan...

carisoprodol soma carisoprodol cost - carisoprodol 350 mg and ibuprofen

Anonim mengatakan...

buy tramadol online buy tramadol online overnight - tramadol 50 mg usa

Anonim mengatakan...

buy carisoprodol carisoprodol overdose limit - carisoprodol soma abuse

Anonim mengatakan...

buy cialis online cheap cialis online usa - buy cialis cheaply

Anonim mengatakan...

xanax online get cheap xanax - does xanax show up thc drug test

Anonim mengatakan...

buy cialis online generic cialis kopen - where to buy cheap cialis

Anonim mengatakan...

buy tramadol online tramadol 50 mg vs percocet 5mg - strong tramadol 50mg tablets

Anonim mengatakan...

tramadol no prescription what is the addiction risk associated with tramadol - tramadol hcl 50 mg used

Anonim mengatakan...

buy cialis from canada cialis online pharmacy usa - cheap cialis us generic

Anonim mengatakan...

buy cialis online cialis price egypt - generic cialis date

Anonim mengatakan...

xanax online xanax 2mg bars generic - alprazolam er 0.5 mg tablet

Anonim mengatakan...

tadalafil 20mg where to buy cheap cialis - buy cialis us

Anonim mengatakan...

cialis online buy real cialis online - cialis daily trial

Anonim mengatakan...

buy cialis online canadian pharmacy cialis daily - cialis online safe

Anonim mengatakan...

cialis 10mg order real cialis online - cialis online soft

Anonim mengatakan...

xanax 0.5mg order xanax online without script - xanax dosage social anxiety

Anonim mengatakan...

xanax online xanax pills side effects - xanax 2mg white bars

Anonim mengatakan...

cialis online generic cialis in us - cialis daily safe

Anonim mengatakan...

http://landvoicelearning.com/#21906 tramadol withdrawal alcohol - ultram tramadol ingredients

Anonim mengatakan...

buy tramadol get cheap tramadol - buy tramadol line usa

Anonim mengatakan...

http://landvoicelearning.com/#51438 tramadol 50mg vs tylenol 3 - order tramadol cash on delivery

Anonim mengatakan...

http://landvoicelearning.com/#57594 buy tramadol health solutions - tramadol bargain

Anonim mengatakan...

buy cheap tramadol tramadol overdose liver failure - buy tramadol online

Anonim mengatakan...

buy tramadol tramadol hcl 50 mg ingredients - tramadol overdose in canine

Anonim mengatakan...

buy tramadol symptoms of tramadol overdose - tramadol 100 mg lp

Anonim mengatakan...

buy tramadol order tramadol legally - buy tramadol cod overnight delivery

Anonim mengatakan...

buy tramadol tablets safe place order tramadol online - cope tramadol addiction

Anonim mengatakan...

buy tramadol cheap online tramadol high yahoo answers - where can i purchase tramadol with a mastercard

Anonim mengatakan...

buy tramadol tramadol and ultram recovery room - buy tramadol online tennessee

Anonim mengatakan...

tramadol generic tramadol 50 mg oral tablet - tramadol 50 mg tablets

Anonim mengatakan...

http://buytramadolonlinecool.com/#50897 safe order tramadol online - tramadol hcl side effects humans

Anonim mengatakan...

buy tramadol tramadol jerking - tramadol hcl 50 high

Anonim mengatakan...

ativan pills generic medication ativan - lorazepam-ratiopharm 1 mg tabletten

Anonim mengatakan...

buy ativan online ativan dosage uses - order lorazepam no prescription

Anonim mengatakan...

ways to buy ativan online buy cheap ativan online - how to order ativan online

Anonim mengatakan...

ways to buy ativan online ativan street value - ativan and alcohol detox

Anonim mengatakan...

http://ranchodelastortugas.com/#93851 xanax side effects if you stop taking - urine drug test for xanax

Anonim mengatakan...

buy cheap tramadol tramadol 50mg used dogs - tramadol sale no prescription

Anonim mengatakan...

http://staam.org/#92453 buy tramadol no prescription - tramadol ultram er

Anonim mengatakan...

http://staam.org/#21236 buy tramadol australia online - tramadol dosage in canine

Anonim mengatakan...

Your current ρoѕt featureѕ confіrmed necеssarу to myself.
It’s very еducational and yοu are naturally extremely eԁucated of this type.

You possеss ρopρed my own eye for yοu to dіffеrent opіnion of thіs kind оf matter using interestіng and solid content materіal.
my site :: Personal Site

Anonim mengatakan...

Тhe article offеrs established neceѕsаry to me.
Ӏt’s extremely helpful anԁ уou're obviously really knowledgeable of this type. You have got exposed my eye to be able to different thoughts about this kind of subject matter with intriguing and sound written content.

Feel free to surf to my weblog ... Buy Viagra Online
Visit my web-site - buy viagra online

Anonim mengatakan...

buy tramadol cheap online buy tramadol overnight delivery - buy tramadol onlinereviews

ahmad mengatakan...

PENIS GETAR GOYANG ELECTRIC, Dildo Wanita
Alat Bantu Sex Wanita Penis Ini Terbuat Dari Bahan Pilihan Yang Lembut Dan Berkualitas Sehingga Tidak Menimbulkan Penyakit Dan Iritasi Pada Kulit. Berguna Untuk Stimulasi Rangsangan Pada Wanita Dan Peria Dewasa Dalam Berhubungan Intim ( Sex) .

Bentuk Produk Yang Mungil Dan Cara Pengunaan Yang Mudah Memungkinkan Untuk Di Bawa Kemana-Mana Atau Di Gunakan Kapan Saja.

Sistim Berkerjanya Produk Ini Megunakan Batre AA/1.5V X 2.
Sistem Goyangan Dan Getaran Dapat Diatur Melalui Alat Pengaturan Pada Produk Atau Dapat Diatur Sesuai Kebutuhan.